GEJALA SAKIT GINJAL YANG SERING KITA ABAIKAN


Organ penting ini adalah salah satu organ yang berpengaruh dalam pencernaan tubuh, apabila ginjal mengalami gangguan atau kerusakan maka pencernaanpun akan mengalami gangguan yang menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya, diantaranya penyakit batu ginjal, penyakit gagal ginjal, penyakit pyelonephrits/infeksi ginjal, penyakit glomerulonephritis/peradangan pada ginjal. Penyakit ginjal sendiri tentunya sangat beragam serta berbahaya juga memiliki tanda gejala yang perlahan merusak tubuh sehingga sering dikenal dengan silent disease, sifat dari gejala penyakit ginjal adalah hanya memperburuk keadaan dari waktu-kewaktu sehingga harus diwaspadai bagi kita semua untuk lakukan pecegahan secara dini dengan melakukan pemerikasaan rutin juga lebih waspada terhadap ciri ciri penyakit ginjal. inilah beberapa ciri-ciri penyakit ginjal yang sering kita abaikan 


1. Sakit punggung
Rasa sakit dan tidak nyaman di bagian punggung adalah gejala umum dari kerusakan ginjal. Semula rasa sakit akan muncul di satu sisi, lalu lanjut ke dua sisi. Jika tidak diatasi akan berdampak bada kedua sisi ginjal dalam waktu yang cepat.

2. Pola buang air kecil
Gejala lain dari kerusakan ginjal adalah perubahan warna urin, misalnya lebih pucat, lebih gelap serta frekuensi buang air kecil. Urin bisa tiba-tiba berbuasa atau terasa sakit bisa jadi pertanda ginjal kalian bermasalah. Bila terdapat darah dalam urin, segera periksa ke dokter.

3. Pembengkakan
Ginjal yang tidak berfungsi maksimal dan mengeluarkan racun mengakibatkan pembengkakan di beberapa anggota tubuh, seperti kaki dan tangan, bahkan berbahaya untuk jantung dan paru-paru.

4. Kekurangan oksigen
Salah satu fungsi vital ginjal adalah memproduksi erythropoietin yang penting untuk menghasilkan oksigen.  Hal ini sangat berbahaya karena oksigen berperan penting untuk tubuh. Bila tidak dialirkan dengan baik, anggota tubuh tidak akan bekerja maksimal.


5. Sesak nafas
Sesak nafas yang sering dialami bisa merupakan gejala dari sakit gagal ginjal. Sesak nafas diakibatkan oleh paru paru yang bekerja terlalu kuat untuk membantu tubuh untuk menetralkan atau menyeimbangkan tingkat keasaman di dalam tubuh yang diakibatkan ginjal yang tidak dapat bekerja dengan maksimal.

6. Anda lebih lelah dan sulit berkonsentrasi
Penurunan berat pada fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini akan berujung pada melemahnya daya tahan tubuh. Anda akan merasa lebih lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Tak hanya itu, penyakit ginjal juga bisa membawa Anda untuk menderita anemia yang juga dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

7. Anda mengalami kesulitan tidur

Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar, racun akan menetap di dalam darah. Hal itu bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Penyakit ginjal punya hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis, bahkan apnea tidur akan lebih sering terjadi pada orang-orang mengidap penyakit ini.

8. Anda memiliki kulit kering dan gatal

Ginjal yang sehat bisa bekerja menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel-sel darah merah, menjaga tulang kuat, dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dari dalam darah.
Kulit kering dan gatal dapat menjadi tanda dari penyakit kurangnya mineral. Bila ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan yang tepat dari mineral dan nutrisi dalam darah, makan Anda akan mengalami kulit kering.

9. Kencing berdarah

Ginjal yang sehat adalah ginjal yang bisa menjaga sel-sel darah dalam tubuh ketika menyaring limbah dari darah untuk membuat urin. Namun, ketika ginjal rusak, sel-sel darah ini bisa "bocor" keluar ke dalam urin. Selain tanda penyakit ginjal, kencing berdarah juga dapat menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

10. Urin berbusa

Gelembung berlebihan dalam urin terutama saat Anda menyiram toilet bisa menunjukkan protein dalam urin. Protein yang umum ditemukan dalam air seni adalah albumin, protein yang sama seperti dalam telur.



Lalu bagaimana cara meningkatkan kesehatan ginjal.

1. Hindari cadmium
2. Tidak merokok
3. Banyak minum air putih
4. Melakukan kegiatan fisik
5. Minum jus cranberry


Aetna Health Insurance

Aetna Health Insurance Company started its operation since 1850. They are dedicated in helping individuals achieved security in terms of health and financial. Aetna provides its members useful information to help them decide which insurance works for them. They provide insurance for employers around 50 states of America. Aetna's customers are mostly employers, individuals, students, and hourly or part-time workers. Their products and services include medical, dental, vision, disability, pharmacy, life, student, pet and behavioral health.

Aetna Health Insurance gives affordable coverage. From their wide range of services available, for sure there is one that's right for you. Aetna will even help you to choose a plan that's best for you. You will get help in accessing whatever care you need. Whatever the situation maybe, you will be assured that Aetna will provide you the help that you need in order to live a healthier life and in getting the most of your health dollars. You can even cover your pet in their Pet Insurance. Like any of your family members, animals also have health needs. It will let you manage your cost in treating your pet's injuries and illnesses. Included in pet insurance policies are lab test, surgery and visit to a licensed veterinarian and specialists.

Aetna Health Insurance has a symbol of AET at NY Stock Exchange. They have over 19 million members for medical, 14 million members for dental and 11 million pharmacy members. At present they have more than 920,000 health care professional, 528,000 doctors and specialist and 5,112 hospitals. They have been recognized worldwide and have been named by Fortune magazine as the Most Admired Company for Health Care. Some other awards they have received are: 2008 CRO's 100 Best Corporate Citizens, 2008 Health Literacy Awards, first in Payer View Rankings 2008, 2007 Behavioral Health Awards, Corporate Leadership Award, 2006 Innovation Award, 2004 HERA Award and more.

Close Klik 2x
Selamat Datang