JANGAN ABAIKAN, INI BEBERAPA GEJALA SERANGAN JANTUNG


Penyakit jantung yang disinyalir sebagai pembunuh nomor satu di dunia bukanlah penyakit yang tiba-tiba datang, melainkan sama dengan penyakit lainnya yang memiliki gejala awal dan bisa dideteksi oleh diri sendiri serta dicegah agar tidak memburuk.
Berikut ini cara mendeteksi ada tidaknya penyakit jantung pada diri kita, jika ciri-ciri berikut ada, maka coba periksakan lebih lanjut ke dokter:

1. Merasa mudah lelah

Sama seperti anemia, salah satu gejala awal penyakit jantung adalah mudah lelah, bahkan setelah bangun tidur dan belum beraktivitas sama sekali. Jika kita merasa sangat sering kelelahan padahal tak banyak kegiatan dan sudah istirahat cukup, maka cobalah perhatikan adakah gejala awal penyakit jantung lainnya yang dimiliki!

2. Sesak Nafas

Sering merasa kesulitan bernafas padahal tak memiliki penyakit asma, Sesak nafas yang dialami sewaktu menjalankan aktivitas sehari-hari bisa jadi merupakan gejala awal serangan jantung. 

3. Merasa mual

Akibat terjadinya pembengkakan pada perut, pengidap penyakit jantung biasanya mengalami kurang nafsu makan, dan bahkan lebih sering merasakan mual ingin muntah.

4. Keluar keringat dingin

Ketika menahan buang air besar atau sedang merasa gugup biasanya seseorang akan mengeluarkan keringat dingin, akan tetapi jika tidak ada alasan apapun tubuh kita malah sering mengeluarkan keringat dingin, cobalah periksakan diri, karena itu adalah salah satu gejala umum penyakit jantung.

5. Nyeri dada

Para penderita penyakit jantung biasanya memang akan merasakan gejala awal berupa rasa nyeri di dada. Akan tetapi, masih belum bisa dipastikan apakah nyeri di dada yang kita rasakan adalah diakibatkan oleh penyumbatan arteri atau justru gejala penyakit lain. Oleh sebab itu perlu memeriksakan terlebih dahulu untuk memastikan nyeri dada tersebut benar-benar gejala penyakit jantung.

6. Ada bagian tubuh yang membengkak

Jika tanpa alasan jelas ada bagian tubuh yang membengkak, perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut sebagai langkah antisipasi.

7. Sakit kepala ketika terkena sinar matahari

Karena adanya aliran darah yang tersumbat ke otak, biasanya gejala awal penyakit jantung lainnya adalah merasa sakit pada kepala terutama ketika terpapar silau matahari.

8. Sering Merasa Cemas

Diantara beerapa ciri2 penyakit jantung yang sudah dijelaskan tadi, mungkin yang satu ini adalah yang paling sering dianggap biasa saja. Bahkan mungkin gejala ini biasa dianggap sebagai rasa cemas biasa yang mungkin disebabkan oleh gangguan mental atau psikis. Akan tetapi saat jantung mengalami masalah, jantung akan mengalami ketegangan dan bisa membuat orang merasa cemas atau ketakutan. Akan tetapi rasa cemas berlebihan inilah yang justru juga bisa memicu orang terkena serangan jantung.

9. Batuk berdarah

Batuk berdarah yang disertai darah tergolong dalam tanda-tanda menderita gagal jantung, akibat terjadi akumulasi cairan di dalam paru-paru. Jika Anda selama ini merasa sehat, kemudian suatu hari mengalami batuk berdarah untuk perta kalinya, bergegaslah ke dokter untuk memeriksakan kondisi jantung Anda.

10. Gangguan tidur

Kesulitan tidur juga sering dialami oleh penderita penyakit jantung. Hal ini dilihat berdasarkan hasil survey dari sejumlah wanita, yang mana 50% mengalami gangguan tidur pada beberapa hari sebelum positif mengidap serangan jantung.

11. Pusing dan pingsan

Serangan jantung membuat penderita beberapa kali merasakan pusing dan bahkan tidak jarang diakhiri dengan pingsan akibat kehilangan kesadaran. Ini terjadi karena denyut jantung yang abnormal atau aliran darah tidak optimal atau bisa juga dikarenakan kemampuan memompa darah yang buruk.

12. Denyut jantung tidak teratur

Dokter mengatakan bahwa terjadi suatu masalah yang cukup mengkhawatirkan apabila terjadi ketidakaturan denyut atau detak jantung. Terlebih apabila disertai dengan sesak napas, kelelahan, pusing, ataupun lemah. Itu merupakan bukti kuat dari serangan jantung, gagal jantung, atau aritmia. Jika tidak diobati dengan segera, dapat membuat penderita mengidap stroke dan bahkan mengalami kematian mendadak.
Begitulah gejala penyakit jantung yang patut Anda ketahui, waspadai, dan kalau bisa jangan sampai diabaikan. Mengetahui penyakit jantung ini adalah pembunuh nomor satu di dunia, sudah sewajarnya Anda lebih waspada jika sewaktu-waktu merasakan salah satu gangguan kesehatan ini.


Aetna Health Insurance

Aetna Health Insurance Company started its operation since 1850. They are dedicated in helping individuals achieved security in terms of health and financial. Aetna provides its members useful information to help them decide which insurance works for them. They provide insurance for employers around 50 states of America. Aetna's customers are mostly employers, individuals, students, and hourly or part-time workers. Their products and services include medical, dental, vision, disability, pharmacy, life, student, pet and behavioral health.

Aetna Health Insurance gives affordable coverage. From their wide range of services available, for sure there is one that's right for you. Aetna will even help you to choose a plan that's best for you. You will get help in accessing whatever care you need. Whatever the situation maybe, you will be assured that Aetna will provide you the help that you need in order to live a healthier life and in getting the most of your health dollars. You can even cover your pet in their Pet Insurance. Like any of your family members, animals also have health needs. It will let you manage your cost in treating your pet's injuries and illnesses. Included in pet insurance policies are lab test, surgery and visit to a licensed veterinarian and specialists.

Aetna Health Insurance has a symbol of AET at NY Stock Exchange. They have over 19 million members for medical, 14 million members for dental and 11 million pharmacy members. At present they have more than 920,000 health care professional, 528,000 doctors and specialist and 5,112 hospitals. They have been recognized worldwide and have been named by Fortune magazine as the Most Admired Company for Health Care. Some other awards they have received are: 2008 CRO's 100 Best Corporate Citizens, 2008 Health Literacy Awards, first in Payer View Rankings 2008, 2007 Behavioral Health Awards, Corporate Leadership Award, 2006 Innovation Award, 2004 HERA Award and more.

Close Klik 2x
Selamat Datang