POLA MENDIDIK ANAK AGAR BERAKHLAK MULIA


Anak adalah amanah besar yang dititipkan Allah kepada setiap orang yang bergelar ibu dan bapa, Anak merupakan kado terindah yang diperoleh orang tua setelah menikah. Banyak orang yang harus merogek koceknya untuk mendapatkan titipan Allah yang tidak kunjung ditititpkan, namun tidak sedikit orang tua yang tidak bertanggung jawab pada amanah Allah, dimana ia menelantarkan anak-anaknya yang teah dititipkan Allah kepadanya, belum lagi kita melihat banyak orang tua yang rela membuang anak-anaknya di jalanan di kali di semak-semak, nauzubillahhi min zhalik, seekor binatanpun tidak tega melakukan hal sedemikian.


Bila seekor binatang dilahirkan, ia akan tumbuh dan berkembang dengan sifat kebinatangannya. Namun, jika manusia dilahirkan belum tentu ia akan tumbuh dan berkembang dengan sifat kemanusiaannya. Ada manusia yang tumbuh dengan sifat tikus, merusak dan menggerogoti barang yang bukan miliknya dan bersikap korup. Ada juga manusia dengan sifat anjing, yang tak bisa diberi nasihat, tamak terhadap dunia dan memperturutkan hawa nafsu. setiap manusia akan terbentuk oleh pola didikan dan lingkungan sekitarnya, sebagaimana Allah ceritakan dalam Al-quran yang artinya :

Tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga).” (QS al-Araf [7]:176). Lebih daripada itu, ada pula manusia yang lebih sesat dari binatang. “Mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak bahkan mereka lebih sesat jalannya (dari binatang ternak itu).” (QS al-Furqan [25]:44).

Dari Dalil diatas maka kita dapat pahami bahwa wajib hukumnya bagi setiap orang tua unutk mendidik dan membimbing anak-anaknya agar memiliki akhlak mulia. “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS at-Tahrim [66]:6).

Mendidik, membina, dan membimbing agar anak memiliki akhlak mulia merupakan bagian penting yang harus kita lakukan. Apalah artinya anak kita menjadi ilmuwan, konglomerat, jabatan, dan karier yang tinggi jika mereka tidak memiliki akhlak yang baik. Aset yang dimiliki setiap orang tua kelak disaat meninggal adalah doa yang selalu
dikirim anak-anak yang shaleh bukan harta apalagi jabatan yang dimiliki oleh anak-anaknya, sebagai mana hadis yang diriwatkan Dari Abu Hurairah r.a. bahawa Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "Apabila seorang anak Adam mati putuslah amalnya kecuali tiga perkara : sedekah jariah,atau ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain atau anak yang soleh yang berdoa untuknya." (Hadith Sahih - Riwayat Muslim dan lain-lainnya) 

Tanpa akhlakul karimah semua yang diraih anak-anak kita tidak ada manfaatnya. Dalam ajaran Islam, akhlak menempati tempat yang luhur. Ia merupakan bagian dari misi utama agama ini. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia.” (HR Ibnu Abid-Dunya dan Hakim).

Bila anak-anak kita berperangai baik maka ia merupakan warisan terbaik yang kita berikan kepada mereka. Orang bijak berkata, “Sebaik-baiknya warisan para ayah untuk anak-anaknya adalah nama baik, didikan yang berguna, dan saudara-saudara yang shalih.” (Adabul Mujalasah, hal 106).

Bimbingan yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita agar mereka memiliki perilaku yang terpuji lagi luhur, antara lain, pertama, bimbinglah anak-anak kita dengan pemahaman keislaman yang kuat, Anak-anak harus  diperkenalkan dengan ketauhidan yang benar, anak-anak harus diperkenalkan syurga dan neraka sehingga mereka mengetahui konsekuensi dari setiap perbuatan yang mereka lakukan. Akhlakul karimah akan menjadi bagian dari hidupnya jika dia telah mnengenal rabnya dengan baik dan mengetahui konsekuensi dari perkjaan akhlak yang tercela jika dia melaukankannya. 

Kedua, bimbinglah anak-anak kita dengan keteladanan. Orang tua adalah role model bagi anak-anaknya, contohkan budi pekerti yang baik sehingga mereka bangga dengan sikap orang tuanya, jika kita mencontohkan akhlak yang tercelak kepada anak-anak kita maka dengan sendirinya tanpa kita sadari kita telah meminta mereka unutk melakukan apa yang sedang kita lakukan. Terbukalah  dengan anak-anak kita jadilah kita sebagai psikolog terdekat bagi mereka, jadi lah kita sebagai teman curhatannya sehingga kita bisa mengetahui semua gerak gerik mereka selama diluar rumah. 

Ketiga, bimbinglah anak-anak kita dengan pembiasaan. Artinya, anak kita tidak hanya diberi pemahaman atau teori dan keteladanan saja, mereka juga harus dibimbing untuk dapat terbiasa berperangai baik. Proses pembiasaan adalah metode yang strategis dalam mendidik anak. Aktivitas yang terus dikerjakan oleh seorang anak akan menjadi kebiasaan dirinya yang tidak bisa dipisahkan lagi. Jika kebiasaan yang telah kita tanan sejak dari kecil maka sangat susah bagi sianak untuk merubah kebiasanan yang telah ada yang telah menjadi frame work dalam memorinya

Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini menjadikan anak-anak kita tumbuh dan berkembang dengan sifat kemanusiaannya lagi berbudi pekerti yang tinggi. Pada akhirnya kita berharap anak-anak kita menajdi aset kita pada masa depan dan menajdi anak-anak yang dirindukanoleh semua orang  Amin. Wallahu alam.


Aetna Health Insurance

Aetna Health Insurance Company started its operation since 1850. They are dedicated in helping individuals achieved security in terms of health and financial. Aetna provides its members useful information to help them decide which insurance works for them. They provide insurance for employers around 50 states of America. Aetna's customers are mostly employers, individuals, students, and hourly or part-time workers. Their products and services include medical, dental, vision, disability, pharmacy, life, student, pet and behavioral health.

Aetna Health Insurance gives affordable coverage. From their wide range of services available, for sure there is one that's right for you. Aetna will even help you to choose a plan that's best for you. You will get help in accessing whatever care you need. Whatever the situation maybe, you will be assured that Aetna will provide you the help that you need in order to live a healthier life and in getting the most of your health dollars. You can even cover your pet in their Pet Insurance. Like any of your family members, animals also have health needs. It will let you manage your cost in treating your pet's injuries and illnesses. Included in pet insurance policies are lab test, surgery and visit to a licensed veterinarian and specialists.

Aetna Health Insurance has a symbol of AET at NY Stock Exchange. They have over 19 million members for medical, 14 million members for dental and 11 million pharmacy members. At present they have more than 920,000 health care professional, 528,000 doctors and specialist and 5,112 hospitals. They have been recognized worldwide and have been named by Fortune magazine as the Most Admired Company for Health Care. Some other awards they have received are: 2008 CRO's 100 Best Corporate Citizens, 2008 Health Literacy Awards, first in Payer View Rankings 2008, 2007 Behavioral Health Awards, Corporate Leadership Award, 2006 Innovation Award, 2004 HERA Award and more.

Close Klik 2x
Selamat Datang