KOLESTEROL, DARAH TINGGI, JANGAN HINDARI DAGING KAMBING


Selama ini kita mendengar para dokter menyarankan kita untuk menghindari dari memakan daging kambing, karena daging kambing dapat menyebabkan panas badan. Ada juga dokter yang mengatakan kandungan lemak dan kolesterol pada daging kambing tinggi serta seringkali daging kambing dituding sebagai penyebab darah tinggi dan sakit jantung .


Kambing adalah hewan yang ada keberkahan padanya
Ada banyak nash yang menyebutkan bahwa kambing memiliki keutamaan.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
اتخذوا الغنم فإن فيها بركة
” Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing karena di dalamnya terdapat barakah. “

Dalam daging kambing terdapat berkah, begitu juga pada susu dan kulitnya
Ahli tafsir Al-Qurthubi rahimahullah berkata,
وجعل البركة في الغنم لما فيها من اللباس والطعام والشراب وكثرة الأولاد، فإنها تلد في العام ثلاث مرات إلى ما يتبعها من السكينة، وتحمل صاحبها عليه من خفض الجناح ولين الجانب
“Allah telah menjadikan berkah pada kambing di mana kambing bisa dimanfaatkan untuk pakaian, makanan, minuman, banyaknya anak ,karena kambing beranak tiga kali dalam setahun, sehingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kambing juga membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain”

Bahkan setiap Nabi pernah mengembalakan kambing, ulama menjelaskan hikmhanya karena memang megembalakan kambing membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang akan membentuk karakter baik seseorang, Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda,
ما بعث اللهُ نبيًّا إلا رعى الغنمَ . فقال أصحابُه : وأنت ؟ فقال : نعم ، كنتُ أرعاها على قراريطَ لأهلِ مكةَ
tidaklah seorang Nabi diutus melainkan ia menggembala kambing“. para sahabat bertanya, “apakah engkau juga?”. Beliau menjawab, “iya, dahulu aku menggembala kambing penduduk Mekkah dengan upah beberapa qirath

Daging kambing tidak berbahaya bagi kesehatan
Jelaslah bahwa kambing terdapat berkah dan membawa kebaikan karenanya tidak mungkin daging kambing berbahaya. Apa yang disyariatkan oleh Islam pasti bermanfaat dan tidak berbahaya, syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah berkata dalam risalahnya,
الدين مبني على المصالح في جلبها و الدرء للقبائح
“Agama dibangun atas dasar  berbagai kemashlahatan Mendatangkan mashlahat dan menolak berbagai keburukan”

Kemudian beliau menjelaskan,
ما أمر الله بشيئ, إلا فيه من المصالح ما لا يحيط به الوصف
“Tidaklah Allah memerintahkan sesuatu kecuali padanya terdapat berbagai mashlahat yang tidak bisa diketahui secara menyeluruh”

Hal ini sudah dibuktikan oleh orang di zaman dahulu mereka suka memakan daging termasuk daging kambing, bahkan mereka memakan lemaknya juga. Dikisahkan orang dahulu suka mengambil lemak hewan, kemudian dipotong dadu dan dikeringkan dengan cara dijemur. Disimpan atau dibawa bersafar, kemudian jika ingin dimakan tinggal “dipanaskan” atau dioles diatas roti kemudian di makan.
Orang yahudi dihukum agar tidak bisa memakan daging dan lemak karena mereka banyak melakukan kesalahan. Artinya lemak tersebut dimanfaatkan oleh mereka sebelumnya. Allah berfirman,

وَعَلَى الَّذِينَ هَادُوا حَرَّمْنَا كُلَّ ذِي ظُفُرٍ ۖ وَمِنَ الْبَقَرِ وَالْغَنَمِ حَرَّمْنَا عَلَيْهِمْ شُحُومَهُمَا إِلَّا مَا حَمَلَتْ ظُهُورُهُمَا أَوِ الْحَوَايَا أَوْ مَا اخْتَلَطَ بِعَظْمٍ
” Dan kepada orang-orang Yahudi, Kami haramkan segala binatang yang berkuku dan dari sapi dan domba, Kami haramkan atas mereka lemak dari kedua binatang itu, selain lemak yang melekat di punggung keduanya atau yang di perut besar dan usus atau yang bercampur dengan tulang” (Al-An’am : 146)

Fakta sebenarnya banyak sekali manfaat, khasiat dan efek positif dari daging kambing tersebut, hingga ada istilah terapi kambing. Mari kita lihat sejumlah khasiat daging kambing, disamping sejumlah khasiat yang sudah diulas sebelumnya:
  1. Daging Kambing adalah Daging Yang Paling Baik
Penelitian dari American Heart Association menyatakan, daging kambing baik untuk mereka yang memiliki masalah terkait jantung . Ini karena daging tersebut tinggi kwalitas proteinnya dengan rasio kandungan lemak yang sehat. Struktur molekul daging kambing yang berbeda membuat daging kambing lebih mudah dicerna. Ia juga sangat cocok untuk mereka yang menjaga kesehatan. Tidak hanya itu saja, bahkan jika dibandingkan daging kambing mengandung zat besi dan kandungan potasium yang rendah kandungan mineralnya. Dagingnya lebih padat dan lebih rendah kalori daripada daging sapi dan ayam tanpa kulit. Semua asam amino yang diperlukan ada di dalam daging kambing.
  1. Pengurai Kolestrol Jenuh
Daging kambing yang rendah kandungan proteinnya membuatnya terkecuali dari daging hewan lainnya yang bisa membentuk setiap ikatan kolesterol akibat pola makan yang tidak sehat . Ikatan kolesterol jenuh dapat dihindari jika Omega 3 terdapat di dalam darah, tetapi Omega 3 tidak mampu mengurai kolesterol yang telah terbentuk. Hanya ikatan hidrogen dan karbon (kolestrol lembut) saja yang dapat menguraikan ikatan hidrogen dan karbon (kolestrol kasar). Jadi, kolesterol yang terbentuk dalam tubuh tidak dapat diurai dengan materi melainkan dengan kolesterol kambing saja.
  1. Pencegah Penyakit Darah Tinggi dan Obesitas
Kolestrol kambing dapat menguraikan kolesterol dalam darah yang menjadi penyebab penyakit darah tinggi. Kolestrol kambing yang menguraikan darah yang tercemar dengan kolesterol jenuh akan menyebabkan volume darah meningkat. Meskipun daging kambing bertindak sebagai pengurai protein yang terbaik, tetapi pasien darah tinggi yang tidak tahan dengan efek pembongkaran penguraian ini disarankan agar tidak mengkonsumsi daging kambing sebagai terapi. Tetapi bagi mereka yang tidak mengalami masalah tekanan darah tinggi disarankan agar mengadopsi diet daging kambing untuk menghindari penyakit darah tinggi. Lemak di bawah permukaan kulit terbentuk akibat kolestrol yang gagal dicerna oleh hati . Ini akan menyebabkan masalah obesitas (kegemukan) jika ada dalam jumlah yang banyak . Pasien obesitas yang mengkonsumsi daging kambing akan mengalami masalah tekanan darah yang tidak stabil dan turut mengalami pusing akibat efek pembongkaran kolesterol jenuh oleh kolestrol kambing. Selain itu, daging kambing akan membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh. Efek pembakaran lemak akan mengakibatkan gejala pembongkaran seperti panas badan, berkeringat dan telinga berdengung .
  1. Mempercantik Kulit
Vitamin C alami yang tidak teroksidasi juga terdapat dalam daging kambing. Vitamin C tidak teroksidasi sangat penting untuk pembangunan dan ketahanan sel kulit. Vitamin C yang tidak teroksidasi akan menyeimbangkan dan mengurangi beban fungsi empedu serta mempercantik kulit. Konsumsi protein yang berlebihan akan menyebabkan ia tersimpan di bagian bawah kulit akan mudah teroksidasi dan bereaksi dengan sel kulit untuk membentuk energi. Proses ini akan mengakibatkan kulit terlihat hangus dan gelap jika berjemur di bawah sinar matahari. Vitamin C dari daging kambing akan memberi lebih tahan terhadap kulit dari bereaksi terhadap protein yang terkena cahaya matahari . Mengamalkan memakan daging kambing adalah salah satu cara alami untuk mendapatkan kulit yang lebih putih dan cantik.
  1. Meningkatkan Rasa Kasih Sayang dan Kegembiraan
Sistem darah (NW18) terkait dengan kawasan Thalamus (NW3). Thalamus berfungsi sebagai penjaga kasih sayang . Sistem darah yang sehat dan kuat akan memastikan bagian Thalamus juga kuat dan membantu menciptakan perasaan kasih sayang . Jantung akan menjadi lebih lembut dan halus pergerakannya ketika menerima kolesterol daging kambing. Jantung yang lembut akan menciptakan perasaan yang gembira. Jantung yang lancar pergerakannya akan mudah tersentuh dan terpesona dengan sesuatu yang mengusik perasaannya. Jadi ia akan membahagiakan dan menciptakan perasaan kecintaan (kasih sayang). Mereka yang berlatih gizi daging kambing akan merasa tenang dan senang serta mudah merasa getaran kasih sayang. Biasakanlah makan daging kambing jika menghadapi masalah sulit merasakan nikmat kasih sayang dan getaran cinta. 



Aetna Health Insurance

Aetna Health Insurance Company started its operation since 1850. They are dedicated in helping individuals achieved security in terms of health and financial. Aetna provides its members useful information to help them decide which insurance works for them. They provide insurance for employers around 50 states of America. Aetna's customers are mostly employers, individuals, students, and hourly or part-time workers. Their products and services include medical, dental, vision, disability, pharmacy, life, student, pet and behavioral health.

Aetna Health Insurance gives affordable coverage. From their wide range of services available, for sure there is one that's right for you. Aetna will even help you to choose a plan that's best for you. You will get help in accessing whatever care you need. Whatever the situation maybe, you will be assured that Aetna will provide you the help that you need in order to live a healthier life and in getting the most of your health dollars. You can even cover your pet in their Pet Insurance. Like any of your family members, animals also have health needs. It will let you manage your cost in treating your pet's injuries and illnesses. Included in pet insurance policies are lab test, surgery and visit to a licensed veterinarian and specialists.

Aetna Health Insurance has a symbol of AET at NY Stock Exchange. They have over 19 million members for medical, 14 million members for dental and 11 million pharmacy members. At present they have more than 920,000 health care professional, 528,000 doctors and specialist and 5,112 hospitals. They have been recognized worldwide and have been named by Fortune magazine as the Most Admired Company for Health Care. Some other awards they have received are: 2008 CRO's 100 Best Corporate Citizens, 2008 Health Literacy Awards, first in Payer View Rankings 2008, 2007 Behavioral Health Awards, Corporate Leadership Award, 2006 Innovation Award, 2004 HERA Award and more.

Close Klik 2x
Selamat Datang